Sunday, February 4, 2018

FANWAR PENTING GA SIH? EXO-L, Army, Reveluv, Once, Blink, Buddy, Soshi, ELF, Shawol, MeU, etc, HAENGBOKAJA!

Halo semua.
Sebelum memulai tulisan yang bakal panjang ini, gue mau bilang kalo gue adalah SONE dan Reveluv (di tulisan pertama gue, udah gue tulis sih), gue SMstan, but gue juga respect dan suka ngestalk idol group lain, walau bukan bagian dari fandom mereka.

Sebenernya udah lama banget sih gue gondok tentang masalah fanwar. But, first of all, gue mau ngejelasin dengan singkat tentang fanwar, apasih itu fanwar. Jadi gini…setau gue, fanwar itu adalah pertempuran hot antara fandom versus fandom yang terjadinya kebanyakan di sosmed. Gue liat sih, fanwar terjadi karena banyak hal, ada yang emang harus di debatin tapi kebanyakan ya yang ga make sense. Yok mulai! Karena kebetulan gue adalah one of kpoper dipelosok dunia, gue bakal ngebahas fanwar di dunia perkpopan. Awalnya gue juga gatau tentang fanwar sih, waktu gue mulai intens ngeliat artikel-artikel tentang korea, gue fokus sama isi artikelnya doang tanpa ngeliat kolom komentar. Makin lama, gue akhirnya tried to read some comments di beberapa artikel korea (karena penasaran  apa aja sih yang di komen anak kpoper), dan komennya sih bervariasi sekali. Mulai ada yang normal, yang middle dan yang memanas. Based on many articles that I read, fanwar terjadi di artikel lingkup idol, ntah karena lingkup non-idol mungkin fansnya adem ayem apa gimana gue juga ga tau, mungkin juga karena “fandom” dan “fanwar” itu lebih cenderung ke lingkup idol.

Menurut gue nihya, kebanyakan fanwar terjadi ketika idols got an award, idols dapet achievement, idols comeback tapi konsep mvnya dibilang plagiat atau lagunya dibilang plagiat atau dancenya dibilang plagiat atau vocalnya ga stabil pas on stage atau mr removed nya ancur parah atau comebacknya pure gaasik, hal-hal yang kayak gini sering bikin kolom komentar lebih seru dibanding artikelnya sendiri, idek why. Banyak faktor sih terjadinya fanwar. Ada yang salah satu fandom ga setuju sama statement artikelnya, ada yang pengen aja gitu berantem sama tu fandom, dan malah ada yang cuma “manas-manasin” biar fandom ini dan fandom itu berantem padahal si “pemanas” ini ga termasuk di antara kedua fandom yang fanwar.

Jujur sih gue belum pernah dan jangan sampe ikut andil dalam fanwar, karena sebenernya gaada untungnya juga sih. Gue bakal jelasin satu satu dehya, semoga bisa dipahami. Jadi, gue mau jelasin contoh yang pertama, yang paling sering terjadi, ialah kejadian kalo salah satu idol got an award tapi fandom dari group lain merasa award itu ga pantes di dapetin sama si idol ini. Sebenernya, menurut gue, selama make sense sih kenapa harus diributin. Misal nihya, gue beberapa kali sering liat fanwar antara Army dan Exo-l. Ya, berantemnya terkadang gara-gara award atau achievement yang didapet si idol ini. Sebenernya, mereka berdua ini ya punya bakat dan ketenaran yang luar biasa tapi dengan cara yang berbeda. Kenapa gue bisa sebut ini berbeda? Karena konsep yang dimiliki kedua group ini juga berbeda. EXO menurut gue memiliki gaya yang berbeda daripada si BTS yang cenderung ke powerful. EXO gayanya cenderung ke asik-asik gitu. Tapi sama-sama oke-banget. Juga, mereka sama tenarnya di international, tetapi lingkupnya berbeda, EXO lebih ke ASIA tetapi akhir-akhir ini mereka malah ke Dubai kan, which is keren dong. Nah, BTS, lingkupnya lebih ke Amerika nih, anak gawl. Dan bakat kedua group ini, keren banget, ga diraguin lagi coy. Tetapi disaat salah satu got an award, fandom group lain malah komentar “kok mereka/harusnya kan bukan mereka/system penilaian nya gimana sih” and etc. Fandom manapun sebenernya gabisa juga sepenuhnya ngajak fanwar, kalo mereka aja kebukti tenar dan super talented dan there r many proofs yang buktiin mereka layak. Jadi menurut gue, fanwar yang begini sebenernya ga penting. Gue ga bicarain tentang siapa yang mulai war duluan sih, yang pasti mereka sama-sama berbakat dan layak got so many awards, karena mereka berdua juga lagi di “atas” banget, wajar kalo dapet award dan ga perlu di debatin yang pantes siapa-yang harusnya menang siapa, karena dua-duanya layak. Gue kasih contoh yang lebih spesifik ya…Di 27th Seoul Music Award beberapa waktu lalu, BTS got an award, which is Daesang, main award, karena kejadian ini, malah bikin fanwar, EXO-l (kebanyakan) malah membuat statement “seolah” BTS ga cocok dapet daesang yang seharusnya bisa jadi milik EXO (maybe also other groups), mulai deh muncul perdebatan dengan menunjukkan banyak bukti, mulai membahas penjualan album dan sebagainya. Coy, they deserved it loh. Dan, masalah EXO yang dapet beberapa award like Hallyu Special Award dan award lainnya, di acara yang sama, malah ARMY (kebanyakan) yang bikin war, bilang “gila piala” dsb, COY THEY DESERVED IT. Sebenernya mereka berdua itu, pantes, tetapi kan ga make sense kalo pialanya di bikin dua, maka dari itu mungkin di pilih award yang lebih sesuai. Jadi menurut gue, ngapain mesti dikit-dikit ribut, dikit-dikit bilang ga pantes lah, gabisa coy, semua pasti udah ada porsinya masing-masing, dan all of us harusnya udah tau sih kalo mereka ini emang lagi UP dan TALENTED, mereka sama kerennya. Harusnya mending saling say congratulations each other fandom daripada berantem molo ga capek? Kan sama-sama keren. “BTS udah ke wanca international, anak amerika nih, udah tinggi levelnya”, lah? Sama halnya EXO, EXO udah main ke Dubai loh, sama aja kerennya, yang penting mereka sama-sama ngebanggain Korea, setuju dong? Gue sebenernya salut sama betapa kompaknya Army ngedukung BTS dan EXO-l ngedukung EXO, tapi gue suka menyayangkan aja kalo apa-apa war, apa-apa war. EXO-l sebenernya kompak banget coy, dan gue gasetuju sih EXO-l di cap sebagai WORST FANDOM, cause they’re not. Setiap fandom, kalo idolnya di ejek, pasti marah lah, begitu juga sama EXO-l, mungkin ada oknum-oknum yang ngejelekin EXO-l atau ada beberapa EXO-l yang masih labil jadi ketika ada war, mulutnya terlalu licin jadi fandom lain ngecap mereka worst fandom, padahal ga begitu juga sih. Army juga, gue sama salutnya, terkadang yang bikin fanwar ya mungkin “oknum nakal” ataupun salah satu anggota fandom yang masih labil, tetapi bukan berarti tu fandom worst loh ya. Yang perlu di garisbawahi adalah siapapun di antara group ini dapet award, percayalah they deserve it, dan sometimes nih mungkin yang bikin war malah “oknum nakal”, jadi di ademin dulu kepalanya sebelum komentar, mengurangi kemungkinan war yang bakal terjadi, dan semoga ga ada lagi nih yang bilang we’re good n you’re bad, karena for sure semuanya good, man. Well, EXO-l dan ARMY, not the worst but one of the greatest fandom loh. Lagian kenapa ribut molo sih, idolnya akur loh^^ By the way, gue suka karya EXO maupun BTS kok. Were going kokobop yolo yolo yolo yo~


Source: google.com

Lanjut ke contoh kedua. Yang sering di bikin war juga sih. Kali ini girlgroup. Masih tetep dibaca kan tulisan gue? Jadi ini masalah girlgroup yang dicap sering lypsinc, suaranya sering unstable pas live stage, tetapi malah got so many awards. Mereka terkenal karena lagu-lagu mereka yang catchy, which is Like Ooh Ahh, Cheer Up, TT, Signal and etc. Ya, gue bahas tentang Twice. Beranggotakan 9 orang dari acara survival yang diadain sang agency yakni JYPEnt. Kalo gue liat sekilas mereka tampil di acara survival (Sixteen), mereka ada bakat, ntah itu dance atau singing and etc. Tetapi kalo di liat dari MR removed mereka awal-awal sampe jaman TT sih, emang rata-rata nyanyi nya unstable di live stage, which is emang wajar sih terjadi beberapa war, karena mereka unstable tetapi got award. Disini gue liat sih, war yang terjadi sama Twice rasanya berbuah manis, kenapa? Karena Twice sekarang udah lumayan improve, bahkan lagu terbaru mereka yang Heart Shaker, MR removednya malah stable banget dengan high note yang dikeluarin si Jihyo maupun Nayeon. Tetapi, emang awal-awal mereka debut, sering unstable dan kebanyakan lypsinc. At that time, mereka malah got awards, wajar beberapa pihak jadi protes dan war, gue setuju sih mereka protes, karena banyak idol group lain yang lebih baik daripada si Twice ini, at that time loh. Gue akuin Twice sangat bijaksana, nelen semua komentar pedas terhadap mereka dan finally sekarang mereka improve dan ngebuktiin bahwa emang layak dapet awards dan sekarang komentar pedas terhadap Twice udah berkurang karena Twice proved can do so much better.
 Source: youtube.com

Sebenernya, seperti yang gue bilang diawal, war itu terkadang ada manfaatnya juga tapi kebanyakan sih wasting time. Contoh yang bermanfaat? Ya kasus Twice. Mereka got an award tetapi sering lypsinc dan unstable pas on stage, semenjak banyak war terjadi dan seiring waktu, Twice udah improve, which is bagus dong. Another example, saat ada group yang comeback nih, released mv, ternyata ada kemiripan a.k.a plagiat, wajar ada war, biar ada penjelasan dari pihak group ini, kenapa ada kemiripan, kalo kejelasannya udah clear, war gue rasa sih akan stop.

Tetapi walau ada beberapa war yang bermanfaat, bagusnya sih gausah war-war. Komentar boleh, tetapi jangan pake marah-marah, kalo komentar membangun sih gue setuju banget.


Semoga tulisan gue kali ini bisa mendinginkan kepala kita semua untuk mengurangi komentar pedas biar war ga terjadi. Every person pasti punya lover maupun hater. As a lover for an idol, kita mending support dan menikmati hasil karyanya, daripada kepancing war. Dan berusaha sebaik mungkin untuk tidak menjadi a hater for else. See you soon^^

No comments:

Post a Comment